Story Teenlit Magazine

31/12/2009 22:22

Majalah Story adalah majalah bulanan baru yang mengkhususkan diri untuk menerbitkan cerita pendek genre teenlit. Hingga sekarang, majalah ini telah mempunyai 6 edisi. Target pembaca adalah remaja umur 13 tahun hingga 20 tahun. Meski pun begitu, majalah ini sangat dibutuhkan pembaca yang lebih tua untuk ikut menerbitkan  karya.

 

Majalah Story selalu tampil dalam benuk yang menawan. Kertas yang bagus, tata letak cukup mengesankan, serta percetakan yang menjamin kualitas (percetakan PT Gramedia). Apalagi slogan yang dipakai adalah “menghanyutkan” pada setiap teenlit yang ditampilkan. Meski penulisnya beragam dalam mengambil tema, cerpen didalamnya mempunyai keunikan masing-masing. Semuanya merupakan konsumsi teenagers. Cover selalu potret wajah selebritis perempuan muda yang cantik. Gita Gutawa menjadi wajah pamungkas edisi perdana. Selanjutnya ada Marshanda, Sherina, Cinta Laura, Acha Seprtiasa, serta Amanda. Semua adalah artis yang memiliki prestasi membanggakan.

 

Saat ini, yang berindak sebagai Editor utama adalah Reni Erina, salah seorang penulis cerpen sejak era Anita Cemerlang. Banyak yang berpendapat bahwa majalah ini memiliki pengaruh kuat dari Anita Cemerlang. Nyatanya masih banyak yang suka, termasuk saya. Kisah yang mengharukan namun memberi harapan, atau keraguan yang memberi pilihan begitu banyak. Banyak penulis yang dibesarkan Anita Cemerlang kembali mempersembahkan karya-karya di Story. Sebut saja Kurnia Effendi, Susy Ayu, dan Zara Zettira.

 

Majalah Story telah berkomitmen untuk menampilkan 80% fiksi dan 20% nonfiksi. Sangat berkebalikan dengan majalah-majalah remaja lain yang hanya memberi sedikit ruang kepada penulis fiksi. Hadirnya majalah ini sangat membawa angin segar bagi penulis remaja.

 

Alhamdulillah, salah satu cerpen saya ditampilkan di majalah ini unuk edisi 5 (November 2009). Judulnya Kampus Teror, bergenre fiksi ilmiah. Cerpen tersebut bisa di baca pada artikel yang akan saya posting selanjutnya.